18 Desember 2008

Virus Hape

(sindo) Kendati ancaman virus ponsel masih rendah, tapi para pengguna ponsel di negara-negara maju mulai mencemaskan sekuriti ponsel mereka.
Hingga saat ini, virus penyerang ponsel memang tidak sebanyak virus yang mengancam PC (Personal Computer). Situs pemantau virus ponsel 'www.mobilephoneviruses.com' mengungkapkan, virus-virus ponsel paling berbahaya pada saat ini antara lain Skulls, Velasco, dan Commwarrior.

Virus Commwarrior pada tahun silam menginfeksi sekitar 110.000 ponsel di Spanyol.Virus ini mengancam ponsel bersistem operasi Symbian dan menyebar melalui MMS (pesan yang berisi file audio, video, dan gambar).

Produsen solusi sekuriti teknologi Kaspersky Lab mengakui, virus ponsel memang risiko yang harus di waspadai. Namun Kaspersky menegaskan, " isu virus ponsel tidak perlu dibesar-besarkan agar pengguna ponsel tidak cemas. Jumlah virus ponsel masih sedikit dan para pembuat virus masih mencari cara paling efektif untuk menyebarkan virus ponsel, " tutur juru bicara Kaspersky Lab, Emmanuel Forgues.

Produsen solusi sekuriti Sophos Plc berpendapat, virus ponsel mudah dibuat. Namun, virus ponsel lebih sukar disebar dari pada virus PC. Karena itu, para penjahat belum menjadikan pembuatan virus ponsel sebagai fokus.
Sebagai ilustrasi, konsultan sekuriti teknologi Sophos Plc Graham Cluley mengungkapkan, jumlah virus yang mengancam sistem operasi Windows pada saat ini berjumlah sekitar 350.000 jenis. Adapaun virus yang mengancam ponsel baru berjumlah sekitar 200 jenis.

" cm bagi inform doang heheheh...

Tidak ada komentar: